Pages

8 Tips Ampuh Untuk Mencegah Stroke

Friday 20 May 2016

Kontrol tekanan darah.
Stroke adalah salah satu masalah kesehatan yang pada umumnya menyerang seseorang secara tiba-tiba dan dapat mengancam jiwa seseorang tersebut. Stroke terjadi ketika aliran darah ke otak terganggu atau berhenti sama sekali. Hal ini menyebabkan sel-sel darah mati.

Memang belum ada obat yang ditemukan untuk penyakit ini, tetapi bukan berarti kondisi ini tidak dapat dicegah atau diobati agar dampak dari serangan penyakit ini tidak terlalu parah. Semua hal itu bergantung pada tingkat dan tahap deteksi Anda.

Adapun gejala yang ditimbulkan dari serangan stroke ini yang tidak dapat dihindari antara lain, wajah yang biasa disebut mengalami posisi merot, fungsi salah satu atau bahkan kedua lengan yang melemah dan kadang membuat tangan menjadi sama sekali tidak bisa digunakan secara tiba-tiba, kesulitan dalam berbicara, mudah emosi, dll.

Jenis kerusakan yang stroke timbulkan pada tubuh seseorang bisa sangat besar. Jadi gejala yang disebutkan di atas tadi tidak boleh dianggap enteng dalam keadaan apapun.

Beberapa penyebab stroke yang umumnya terjadi adalah karena gagal jantung, penyakit arteri yang tidak dapat dikendalikan. Tetapi bukan berarti hal itu tidak bisa dicegah, karena besar kesempatan Anda untuk mencegah terserang stroke.

Anda akan terkejut jika mengetahui bahwa hanya dengan membawa perubahan kecil pada gaya hidup dan pola makan Anda sehari-hari, akan dapat sangat membantu Anda untuk mengurangi risiko terkena stroke.

Berikut adalah beberapa tips yang paling akurat dan berguna yang bisa Anda ikuti untuk dapat mencegah stroke menyerang Anda.

1. Olahraga secara teratur
Olahraga adalah semacam kunci penting untuk dapat hidup sehat. Manfaat dari berolahraga secara teratur sendiri sudah tak terhitung jumlahnya. Seperti membantu Anda membakar kalori, menjaga tekanan darah Anda tetap normal, meremajakan kulit, membuat Anda selalu tampil segar dan yang paling penting dapat mengurangi risiko terserang stroke.

2. Menurunkan berat badan
Hasil dari beberapa studi mengatakan bahwa orang yang kelebihan berat badan lebih mungkin untuk menderita stroke. Jadi, sangat penting untuk menjaga berat badan Anda tetap ideal. menghilangkan bebebrapa kilogram lemak ekstra dalam tubuh sangat penting untuk menjaga diri dari penyebab stroke.

3. Kontrol tekanan darah
Orang-orang dengan tingkat tekanan darah yang lebih tinggi berisiko lebih besar untuk terserang stroke. Hipertensi merupakan salah satu penyebab utama stroke. Dianggap sebagai silent killer, kondisi ini dapat menempatkan Anda pada risiko yang lebih berbahaya.

4. Kontrol gula darah
Sangat penting untuk Anda menjaga tingkat gula darah Anda tetap dalam tingkat yang normal. Jika tingkat gula darah Anda dalam keadaan tinggi terus-menerus hal itu dapat membahayakan pembuluh darah Anda.

5. Berhenti merokok
Sudah banyak fakta yang membuktikan bahwa orang yang merokok memiliki risiko paling tinggi untuk terkena stroke. Sudah banyak bukti yang terjadi bahwa orang yang merokok sangat mungkin untuk menderita penyakit jantung dan juga stroke.

6. Diet sehat
Menjalani diet sehat yang seimbang juga dapat melindungi diri Anda dari serangan penyakit stroke. Mengkonsumsi makanan alami lebih baik daripada junk food. Selain untuk mencegah stroke, mengkonsumsi makanan sehat alami juga mampu memerangi penyakit kronis lainnya juga.

7. Memantau tingkat kolesterol
Menjaga kadar kolesterol Anda tetap pada tingkatan yang normal, khususnya tingkat kolesterol jahat adalah salah satu hal yang paling penting. Karena selain untuk menghindarkan Anda dari serangan stroke memeriksa kadar kolesterol secara teratur mampu menjaga Anda dari masalah kesehatan fatal lainnya.

8. Jauhi stres
Selain hipertensi, stres adalah salah satu penyebab utama serangan jantung dan stroke di seluruh dunia. Stres diketahui dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh kardiovaskular dan terlalu banyak lembur bekerja dapat meningkatkan peluang seseorang terserang stroke.

Sumber: Boldsky

No comments:

Post a Comment