Pages

5 Efek Berbahaya dari Obat Pembentuk Otot (Steroid)

Saturday 21 March 2015
Pria bertubuh kekar.

Membentuk tubuh sudah menjadi tren saat ini. Orang-orang yang ingin membentuk tubuh mereka datang ke gym, memakai obat ataupun menggunakan suplemen. Tapi apakah obat-obat dan suplemen  ini benar-benar sehat. Pria selalau mencari-cari cara baru dan efektif serta cepat untuk membentuk tubuh mereka. Banyak masyarakat yang berfikir bahwa steroid aman untuk membantu mereka mendapatkan bentuk tubuh yang mereka idamkan dalam waktu yang singkat, namun hal itu tidaklah benar. Ingat guys segala sesuatu yang instan tidaklah baik.

Bayak binaragawan dan atlet, baik pria maupun wanita mengkonsumsi steroid, mereka tidak menyadari ada ancaman kesehatan untuk mereka dalam pertumbuhan otot mereka yang cepat. kadang mereka melupakan bahwa kesehatan lebih penting daripada pertumbuhan otot mereka yang cepat. Studi telah membuktikan banyak efek buruk yang di sebabkan oleh pemakaian steroid ini.

Saat ini, untuk atlet, penggunaan steroid adalah ilegal. Ada begitu banyak atlet yang kompetitif dan sangat serius untuk memenangkan medali baik untuk negara mereka maupun untuk kepuasan diri mereka sendiri. Hal inilah yang membuat mereka nekat menggunakan steroid dan obat penunjang stamina untuk meningkatkan kinerja mereka padahal sudah ada peraturan yang sangat ketat tentang hal ini untuk ajang-ajang perlombaan yang besar. Bahkan pihak penyelenggara kompetisi tidak segan-segan untuk mendiskualifikasi para atlet yang ketahuan mengkonsumsi obat-obat semacam ini.

Obat penunjang stamina para atlet ini biasa di sebut doping, tapi percayalah, manfaat yang di dapat tidak sebanding dengan efek bahaya yang di timbulkan bagi tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

Berikut beberapa efek berbahaya yang di timbulkan oleh penggunaan steroid bagi kesehatan tubuh.

1. Kerusakan pada Hati
Banyak orang sekarang ini yang menginginkan berat badan turun dan tubuh yang atletis dalam waktu yang singkat sehingga mereka tidak segan-segan untuk menggunakan suplemen diet ataupun steroid, yang lebih sering menyebabkan kerusakan pada hati. Karena obat ini seringkali tidak menggunakan resep dokter dan dapat di beli langsung baik di toko obat maupun secara online. Dan celakanya sudah banyak orang yang menggunakannya saat ini tanpa tahu efek bahaya dari obat ini.

2. Kerusakan Ginjal
Creatine adalah zat yang di perlukan untuk pertumbuhan otot, namun bahan ini merupakan buatan manusia yang mengandung zat kimia. Penggunaan creatine untuk membangun otot dapat menyebabkan gangguan ginjal serius, terutama bagi orang-orang yang sudah memiliki masalah ginjal ringan.

3. Kemandulan
Penggunaan steroid memilii dampak langsung pada kesuburan baik pada pria maupun wanita. Kegilaan untuk membentuk otot dengan menggunakan steroid jelas telah meningkatkan pula tingkat kemandulan seseorang.

4. Kerontokan Rambut
Baik pria maupun wanita yang mengkonsumsi steroid utuk mebentuk otot mereka mengalami penipisan rambut atau bahkan kebotakan secara dini.

5. Terganggunya Siklus Menstruasi
Khususnya bagi para wanita, waspadalah! Gangguan kesehatan lain yang di alami akibat mengkonsumsi steroid adalah ketidakteraturan siklus menstruasi dan rasa sakit yang parah selama siklus menstruasi.


No comments:

Post a Comment